Cara Mengetahui Kwalitas SPBU yg benar

image

Berikut ini saya berikan tips buat isi di
Pom
Bensin
yang bagus: 1. LEBIH BAIK ISI DI POM
BENSIN
PERTAMINA KODE 31
atau (Angka Kedua 1) Tiap pom bensin
memiliki kode
depan masing-masing.. dimana anda bisa
mengetahuinya ? Berikut ini saya berikan
tips
buat isi di Pom
Bensin
yang bagus:
Pernah memperhatikan plang nama besar
saat menuju
ke SPBU? Di wilayah Jakarta dan
sekitarnya
tertera
huruf 31.XXXXX atau 34.XXXXX. itu bukan
kode
buntut. Huruf awal pertama menandakan
kode
wilayah . Sedang angka kedua
mengandung
arti
kepemilikan.
Kepala 3 berarti SPBU berdomisili di
Jakarta
Jawa Barat,
Banten dan sekitarnya. Kalo kepala 5
kayaknya Surabaya. Digit kedua, jika
angka 1
berarti
kepemilikan
Pertamina sendiri. Sedangkan angka 4
berarti
kepemilikan swasta atau dealer..jadi yang
penting angka keduanya 1 gak masalah
berapapun angka
pertamanya karena itu kode wilayah .
Karena, sebenarnya ada tiga kategori
SPBU. Pertama
COCO alias corporate owner corporate
operate, CODO
yakni corporate owner dealer operate.
Terakhir DODO,
dealer owner dealer operate. Ini berdasar
pada situs
spbu.pertamina.com Karena dikendalikan
oleh
pertamina, maka
kualitas
SPBU model COCO dan CODO diyakini
lebih baik
dibanding DODO. Tanpa bermaksud
menyamaratakan, di sisi bisnis bisa
dimengerti, karena ingin
cepat balik
modal, pengusaha jadi berlaku curang.
kalo
saya sih
nyaranin ngisi bensin sebaiknya di SPBU
yang milik Pertamina (angka keduanya
1) karena quality control-nya cukup bagus..
saya denger2 juga dari supir taksi dan
orang2 yang
telah pengalaman ngecek pas ngisi bensin
katanya yang kode 31 (Angka Kedua
1)takarannya
sesuai
sedangkan yang 34 agak berbeda
meskipun punya
tanda “PASTI PAS”.
Menurut banyak orang juga kode pertamina
31 (Angka
Kedua 1)ternyata paling baik(kualitas
bensin)
dibanding denanda yang kode 34.
cara buktiinya:
coba bagi anda yang menggunakan mobil/
motor
matic, pastinya akan terasa tarikan
mobilnya .jika
mengisi bensin di pertamina dengan tanda
kode 31
(Angka Kedua 1)akan terasa tarikan
mobilnya
lebih
kencang dan tidak terlalu kotor dibanding
dengan
tanda pom dengan tanda kode lainnya
Coba anda bandingkan jumlah mobil/
motor
yang ngisi bensin di pom bensin
tersebut,,,di
pom
bensin kode
31(Angka Kedua 1) pasti sangat ramai
sedangkan yang
kode 34 agak cenderung sepi..ini udah
saya buktikan sendiri.
Coba anda ngisi 1 Liter bensin di Pom
bensin 31
(Angka Kedua 1)dan pom bensin
34..bandingkan aja
dari sisi kualitas (mesin lebih enak)
maupun
kuantitasnya (yang mana yang lebih cepat
habis)..
coba anda tanya sama supir angkot atau
supir taksi
dimana pom bensin yang bagus, pasti
sebagian besar mereka jawab di pom
bensin
31 (Angka
Kedua
1)karena mereka juga banyak ngisi di pom
bensin 31
Kalo gak percaya bisa dibuktikan sendiri
anda…tapi gak semua 34 juga yang kaya
begitu

image

2. TIAP ISI BENSIN MINTA KEPADA
PETUGASNYA TUAS
HANDLE SELANG JANGAN
DITEKAN
TAPI DILEPAS AJA
WAKTU DITARUH DI TANGKI KITA
Pernah gak
anda sewaktu ngisi bensin,
tuasa handle
ditekan2 begitu sama petugasnya? pasti
pernah lah
nemuinnya…kenapa begitu? karena
banyak oknum yang nakal denanda cara
memainkan
takaran bensin
dengan tanda cara seperti itu sehingga
jumlah bensin
yang kita isi lebih sedikit dari apa yang
seharusnya.. Pengalaman saya ngisi di
pom
bensin kode
31 (Angka
Kedua 1), petugas gak pernah menekan-
nekan tuas
handle selang sewaktu mengisi sedangkan
di kode 34 liat aja deh…kalo anda sewaktu
ngisi bensin
digituin,
petugasnya ditegur aja..
3.ISILAH BENSIN WAKTU HARI
MASIH
PAGI KETIKA
TEMPERATUR TANAH MASIH
DINGIN Ingat
bahwa semua SPBU mempunyai
tanki
penyimpanan di bawah tanah.Semakin
dingin
tanahnya maka semakin padat/kental
bahan bakarnya. Jika temperatur mulai
panas/hangat, maka
bahan
bakarnya akan mengembang.
Jadi jika membeli bahan bakar pada siang
hari atau
petang hari..sebenarnya bahan bakar yang
diisikan ke
dalam tanki kendaraan anda jelas lebih
sedikit
dibanding jumlah liter yang anda
beli.Dalam
bisnis
perminyakan, gravity yang spesifik dan
temperatur
bensin, diesel dan bahan bakar pesawat
jet,
ethanol
dan produk minyak lainnya punya peranan
penting.
Kenaikan 1 derajat merupakan hal yang
sangat
berpengaruh dalam business ini. Tetapi
SPBU tidak
memberikan anda rugi/kompensasi karena
temperatur
4.ISI BENSIN SAAT TANKI
KENDARAAN ANDA
MASIH
SETENGAH PENUH.
Alasannya adalah semakin banyak bahan
bakar yang
ada di tanki kendaraan, maka semakin
sedikit udara yang ada di bagian tanki yang
kosong.
Bensin
menguap lebih cepat dari pada yang bisa
kita
bayangkan. Dalam bisnis perminyakan
biasanya tanki penyimpanan bensin
mempunyai apa yang
kita sebut
atap yang mengapung (floating roof) yang
berfungsi
sebagai clearance zero antara bensin dan
atmosfer sehingga penguapannya bisa
dikurangi.,tetapi hal itu
tidak terdapat di SPBU.
5.JANGAN ISI BENSIN JIKA ADA
TRUK
BAHAN BAKAR
SEDANG MENGISI TANKI
PENYIMPANAN Hampir
pasti bensin/solar akan teraduk saat
bahan
bakar dipompakan dari truck ke tanki
penyimpanan
SPBU, dan kemungkinannya akan ada
kotoran di dasar tanki penyimpanan yang
teraduk naik dan
terikut
masuk ke tanki kendaraan anda.

image

7 Comments

Nice Inpoh…😀

Terima kasih infonya juragan,, keep posting y..😀

info yg berguna banget nih gan! nuhun pisan…

terima kasih infonya gan

ra ngertos point 2? maksudnya ditekan itu bagaimana? bukannya tetep yang jadi patokan adalah amper meter pada mesin pompa?

Klo ditekan. Takerannya kurang mas bro.. Coba cek aja.. Dr mesinnya pas. Tp bbmnya nyangkut ke penampungan. Klo dh byk.ntr ama petugasnya diambil. Cmiiw

oooo gitu toh🙂

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: